Headline News

header-int

Inventarisasi Kegiatan Yang Belum Memiliki Izin Lingkungan di Pulau Kecil Kawasan Mandeh

Jumat, 19 Jul 2019, 11:48:40 WIB - 45 | Putri Aulia, S.T
 Inventarisasi Kegiatan Yang Belum Memiliki Izin Lingkungan di Pulau Kecil Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan - Dinas Lingkungan Hidup melalui bidang P3KL melakukan Inventarisasi Inventarisasi Kegiatan Yang Belum Memiliki Izin Lingkungan di Pulau Kecil Kawasan Mandeh, (18/07).

Inventarisasi kegiatan dilakukan untuk mengurangi potensi kerusakan lingkungan yang di akibatkan ole aktivitas manusia di sekitar pulau. dalam hal ini Kasi Penegakan Hukum Lingkungan , Okta Fikri, ST memberikan himbauan agar masyarakat tetap menjaga lingkungan. Pulau-pulau kecil yang dikunjungi saat inventarisasi adalah Pulau Kapo-kapo, Pulau Cubadak, Pulau Seronjong dan Pulau Soetan. Hampir dimasing-masing pulau terdapat bangunan seperti penginapan dan kedai kecil untuk berdagang. Masyarakat setempat menjadikan lokasi sebagai tempat berdagang yang ditakutkan nantinya beberapa aktivitas dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan sekitar.

Beberapa rincian dari aktivitas pulau-pulau kecil yang dikunjungi adalah:

1. Pulau Kapo-Kapo dengan tiga buah penginapan. Bangunan yang ada berada di sepanjang sepadan pantai.

2. Pulau Cubadak, dengan lima belas cottage dan satu buah bangunan dermaga.

3. Pulau Seronjong, pulau batu karang yang umunya dijadikan tempat permainan Snorckling dengan akses tangga yang dibangun untuk menaiki batu karang tersebut.

4. Pulau Soetan, terdapat 12 bangunan warung, akan tetapi untuk lingkungan sekitar tidak tertata. Berbeda dengan pulau kecil lainnya yang bersih dan lebih tertata.

Masyarakat boleh menggunakan lokasi tersebut tapi akan lebih baiknya tetap dijaga dan dilindungi. Pembangunan harus mengacu pada pengelolaan lingkungan, mempertimbangkan dampak bagi lingkungan. Harapannya agar kegiatan yang dilaksanakan memiliki izin lingkungan dan efek yang akan ada setelah pembangunan dilaksanakan tidaklah berdampak negatif. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube