Headline News

header-int

Bimbingan Teknis KLHS Regional Aceh-Sumut-Sumbar

Senin, 22 Jul 2019, 11:30:42 WIB - 48 | Putri Aulia, S.T
Bimbingan Teknis KLHS Regional Aceh-Sumut-Sumbar

Pesisir Selatan - Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pesisir Selatan yang diwakili oleh Kasi Perencanaan dan Pengkajian Dampak Lingkungan, Yuliharce, ST mengikuti Bimtek, (22/07) di DLHK Aceh. 

Acara Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 22-24 Juli 2019 dengan agenda penyusunan KLHS. Kegiatan ini dipimpin oleh Direktur Pencencegahan Dampak Lingkungan Kebijakan Wilayah dan Sektor, Dr. Ir. Fatma Djuwita, M.Si. Peserta diklat KLHS ini berasal dari regional Aceh, Sumut dan Sumbar. Jumlah peserta kegiatan sebanyak tujuh puluh empat orang yang berasal dari tujuh unsur yakni: P3E, BPKH wilayah Medan, BPKH XVIII Banda Aceh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi, Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Dinas PUPR dan kabupaten/kota serta dari perguruan tinggi.

Dasar hukum dalam penyusunan KLHS ini adalah:

1. UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup;

2. PP No. 46 Tahun 2016 tentang tata cara penyelenggaraan kajian hidup strategis;

3. PermenLHK No. 69 Tahun 2019 tentang pelaksanaan PP No. 46 Tahun 2016 tentang tata cara kajian lingkungan hidup strategis .

Definsi KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis,menyeluruh, dan partisipatif. Bertujuan untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar untuk integrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan atau KRP. Pembuatan dan pelaksanan KLHS dilakukan melalui mekanisme:

1. Pengkajian pengaruh kebijakan, rencana, dan program (KRP), terhadap kondisi lingkungan hidup;

2. Perumusan alternatif penyempurnaan KRP;

3. Penyusunan rekomendasi perbaikan untuk pengambilan keputusan KRP yang mengintegrasikan prinsip Pembangunan Berkelanjutan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube