Headline News

header-int

DLH Pessel Dukung Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah

Rabu, 22 Jan 2020, 08:51:31 WIB - 28 | Putri Aulia, S.T
DLH Pessel Dukung Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah

Pesisir Selatan - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan menghadiri Upacara bendera di SMPN I IV Jurai, (20/01). 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup "Jumsu Trisno" selaku pembina Upacara turut menyampaikan perihal Adiwiyata. Adiwiyata merupakan sebuah kegiatan yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan Adiwiyata disampaikan dalam bentuk sosialisasi kepada Sekolah yang ada di Pesisir Selatan. "Sosialisasi Adiwiyata dilakukan secara bertahap sebagai wujud terciptanya kesadaran akan peduli lingkungan,'' Jumsu Trisno. Aksi peduli lingkungan sejak dini bisa ditanamkan kepada para siswa melalui kegiatan Adiwiyata. Selain itu pihak Sekolah bisa menampilkan kreasinya dalam mewujudkan lingkungan Sekolah yang bersih dan sehat.

Kepala SMPN I IV Jurai, Erdison menyebutkan dengan telah dicanangkannya gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah itu pihaknya berupaya untuk melaksanakannya dengan maksimal.

"Dengan dilaksanakan secara maksimal kami berharap gerakan ini menjadi sebuah kebiasaan bagi seluruh elemen di sekolah," sebutnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas, Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan, Darpius, serta Kepala Bidang Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Wilayah II Sumatera Barat, Yunaidi diwakili Polisi Kehutanan instansi tersebut, Rika Putra Abbas.


Dalam mewujudkannya Adiwiyata ini terdapat empat komponen yang menjadi ukuran mulai dari kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Hal tersebut sejalan dengan harapan pihaknya yang menargetkan semua sekolah di Pesisir Selatan bisa mewujudkan program tersebut.

"Banyak keuntungan dari sekolah jika gerakan peduli dan berbudaya lingkungan dilaksanakan, selain memberikan kenyamanan kepada warga sekolah juga akan meningkatkan kualitas secara akademik," katanya lagi.


 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube