Headline News

header-int

DLH Pessel Hadiri Rakernis Adipura 2025

Rabu, 24 Jul 2019, 09:00:06 WIB - 64 | Putri Aulia, S.T
DLH Pessel Hadiri Rakernis Adipura 2025

Pesisir Selatan - Dinas Lingkungan Hidup menghadiri Rakernis (Rapat Kerja Teknis) Tahun 2025

Rakernis program Adipura Tahun 2019 dihadiri oleh Kadis DLH, Jumsu Trisno, Kabid PSLB3P2L, Darpius Indra, dan Kasi PSLB3, Meri Zelni.
Kegiatan dilaksanakan dari hari selasa hingga rabu (23 -24) Juli 2019, (24/07). Tujuan Rakrnis Adipura ini mewujudkan kota yang berkelanjutan, baik secara ekologis, sosial dan ekonomi melalui penerapan-penerapan prinsip good governance di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta mengembangkan peran serta aktif dari seluruh pemangku kepentingan. 

Program Adipura Tahun 2019 ini direvitalisasi dan ditingkatkan dengan mendorong praktek-praktek pengurangan sampah dari sumber hingga circular ekonomi dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah terkait isu lingkungan global dan pemerinatah daerah bahwa pengelolaan dengan model kumpul-angkut-buang harus ditinggalkan. Sampah harus dikelola sejak dari sumbernya mengingat semakin sulitnya memperoleh lokasi TPA dan beratnya dampak pencemaran sampah yang tidak dikelola dengan baik.  

Dimulai tahun ini sistem penilai Adipura sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Penilaian Adipura sebelumnya adalah berbasis penilaian ambience, dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan penilaian Adipura sekarang berbasis sistem data, kondisi rill. Ada 3 indikator (1) pengelolaan sampah di atas 70%, (2) operasional TPA, (3) RTH kota 20 %. Perlu komitmen dan kerjasama stakeholder untuk mencapai Adipura tahun ini. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube