Headline News

header-int

Konsultasi Publik Penyusunan Peraturan Nagari Mandeh tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

Kamis, 11 Jul 2019, 11:56:31 WIB - 40 | Putri Aulia, S.T
Konsultasi Publik Penyusunan Peraturan Nagari Mandeh tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pesisir Selatan – Konsultasi Publik Penyusunan Peraturan Nagari Mandeh tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, (10/07) di Kecamatan Koto IX Tarusan.

Mandeh adalah salah satu wisata andalan di Kabupaten Pesisir Selatan.  Tingginya minat masyarakat untuk berkunjung ke Mandeh sehingga perlu dilakukan pengelolaan lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan hidup dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan. Sehingga perlu disusun peraturan Nagari di Mandeh dalam rangka pengelolaan lingkungan.

Ketua P3E Sumatera, Dr. Amral Feri, M.Si, menyampaikan bahwa konsultasi publik ini bertujuan untuk menyampikan rancangan Pernag yang sebelumnya telah disusun oleh tim. Rancangan disampaikan kepada peserta yang hadir dan dirangkum beberapa masukan dari peserta yang hadir. Salah satu masukannya dalam konsep pembangunan Nagari Mandeh ke depannya. Konsep pembangunan Nagari terdiri dari tata cara pembangunan, struktur bangunan, estetika bangunan, dan penataan bagunan. Masukan lainnya dengan menggunakan bahan bangunan yang ada di lingkungan Mandeh, dan kuliner yang disajikan berasal dari hasil laut sekitar Mandeh.

Implementasi dari Pernag ini adalah adanya Pokdarling (Kelompok Sadar Lingkungan). Pokdarling yang ada terdiri dari empat kelompok yakni kelompok bank sampah, kelompok bibit, kelompok mangrove dan kelompok terumbu karang. Selanjutnya dilakukan pengukuhan Pokdarling dan penyerahan 700 bibit tanaman kepada peserta yang hadir. Penyerahan bibit secara simbolis dilakukan oleh Kepada Dinas Lingkungan Hidup Pessel, Dr. Jumsu Trisno, SP, M.Si. Sebelum kegiatan berakhir  Ketua P3E Sumatera menyampaikan bahwa “Peraturan Nagari (Pernag) yang dibentuk apabila telah rampung akan menjadi peraturan pertama di Kabupaten Pesisir Selatan dan peraturan ke empat di Sumatera”, ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube