Headline News

header-int

Penilaian ISTA oleh Kementrian Pariwisata RI

Rabu, 24 Jul 2019, 00:14:11 WIB - 35 | Putri Aulia, S.T
Penilaian ISTA oleh Kementrian Pariwisata RI

Pesisir Selatan-  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pessel, mengikuti penilaian ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Awards) di Baga Beach Cottage, (23/07).

Penilaian ISTA dihadiri Bapak Bupati, Hendrajoni, Perwakilan Kementrian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, OPD Kab. Pessel, Camat dan Wali Nagari Kawasan Mandeh. Dalam sambutannya Bapak Bupati, Hendrajoni menyampaikan Mandeh adalah surga tersembunyi di Indonesia (The Hidden of Paradise). Mandeh sangat populer dikunjungi dan diharapkan Mandeh dapat menjadi objek wisata berawawasan lingkungan. Saat  ini sedang Mandeh direncanakan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Bupati berharap agar Mandeh menjadi salah satu pemenang dalam ISTA. 

Selanjutnya perwakilan dari Kementrian Pariwisata RI menyampaikan bahwa peserta yang mendaftar untuk ISTA sebanyak 269, dan yang lolos untuk masuk 32 besar salah satunya adalah objek wisata Mandeh. ISTA adalah bagian dari konsep pembangunan berkelanjutan, dimana perlu disiapkan 3 aspek:

1. Kelompok yang menyiapkan destinasi:

2. Kelompok yang membina destinasi;

3. Destinasi yang dijalankan sesuai dengan konsep sertifikasi.

Dalam hal ini bukan hanya target ISPA ynag dicapai tapi manfaatnya juga harus dirasakan oleh semua pemangku kebijakan. Melalui ISTA destinasi yang ada di sertifikasi dengan ketentuan standar yang telah ditetapkan. Kadis Pariwisata Pessel juga menyampaikan bahwa "Basamo Mangko Manjadi" diperlukan kerjasama semuanya agar apa yang ditargetkan terwujud dan manfaatnya dirasakan oleh semua pihak.

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube