Headline News

header-int

Sosialisasi Adiwiyata Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

Rabu, 17 Jul 2019, 08:19:48 WIB - 31 | Putri Aulia, S.T
Sosialisasi Adiwiyata Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan - Sosialisasi Adiwiyata Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Anggaran 2019, (16/07) dilaksanakan di Kantor Camat Basa Ampek Balai Tapan. 

Program Adiwiyata merupakan salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dengan tujuan untuk mendorong terciptanya kesadaran para warga sekolah dalam melestrarikan lingkungan hidup terutama dalam hal pengelolaan sampah. agar terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih serta membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah yang akan dikelola ke tempat pembuangan akhir. 

Saat penyampaian materi, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Wendriyanto, SP menyampaikan manfaat yang diperoleh dari program Adiwiyata yakni sebagai media pembelajaran, menciptakan suasana kondusif, menciptakan upaya peduli lingkungan, mengurangi dampak negatif pada lingkungan, menimbulkan kebersamaan dalam mengelola sampah, dan lain-lain. upaya yang dapat dilakukan dalam Adiwiyata di Sekolah dapat berupa pembuatan kompos organik dari sampah yang mudah terurai, membuat tong sampah terpilah untuk pengelolaan sampah anorganik, membuat ruang khusus untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga), serta menciptakan penghijauan di lingkungan Sekolah dengan memperbanyak menanam pohon dan bunga di pekaran sekolah (Green House). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lingkungan Sekolah semakin baik dan nyaman. Efeknya akan terasa oleh siswa karena suasana belajar menjadi lebih nyaman karena lingkungan Sekolah telah tertata dengan baik. 

Dalam penyampaian materi program Adiwiyata, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Bapak Beny Rizwan, SH, M.Si  mengatakan bahwa " Bukan kita yang mewariskan alam ini kepada generasi sekarang tapi generasi sekaranglah yang akan mewarsikannya untuk generasi yang akan datang " ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube