Headline News

header-int

Survey Dokumen Lingkungan Perencanaan Jaringan Perpipaan Pamsimas di lima Nagari

Kamis, 11 Jul 2019, 15:27:23 WIB - 42 | Putri Aulia, S.T
Survey Dokumen Lingkungan Perencanaan Jaringan Perpipaan Pamsimas di lima Nagari

Pesisir Selatan – Dinas Lingkungan Hidup melakukan survey dokumen lingkungan terhadap rencana kegiatan pembangunan jaringan perpipaan pamsimas di dua Kecamatan yakni Tarusan (Nagari Batu Kalang, Ampang Pulai dan Sungai Tawa Nagari Setara Nanggalo Kecamatan Koto IX Tarusan) dan Bayang (Sawah Laweh), (10/07).

Dinas lingkungan hidup melakukan survey bersama Dinas PUTR serta Wali Nagari dan masyarakat setempat. Hal ini dilakukan untuk melihat kelayakan lingkungan serta menghindari terjadinya dampak pada lingkungan apabila pembangunan sudah terlaksana. Sedangkan  perencanaan pembangunan jaringan perpipaan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar.

Pemrakarsa kegiatan ini adalah Dinas PUTR. Perencanaan yang dibuat  diharapkan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan yang ada dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup. Selama kegiatan berlangsung respon masyarakat sangat baik.  Sulitnya akses air bersih mengakibatkan tidak terpenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di lima nagari  tersebut. Masyarakat sangat antusias dengan perencanaan jaringan perpipaan ini dan sangat berharap agar pembangunan ini segera terlaksana. Hasil survey yang diperoleh dari kegiatan ini sebagai berikut:

Kecamatan Tarusan

Nagari Sungai Tawa

Rumah yang dilayani ± 100 unit

Debit air yang diambil 2,5 liter/detik

Nagari Batu Kalang

Rumah yang dilayani ± 100 unit

Debit air yang diambil 2,5 liter/detik

Nagari Mandeh

Rumah yang dilayani ± 96 unit

Debit air yang diambil 10 liter/detik

 

Kecamatan Bayang

Sawah Laweh

Rumah yang dilayani ± 130 unit

Debit air yang diambil 2 liter/detik

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube