Headline News

header-int

UPT Labling DLH Lakukan Verifikasi Metode, Control Chart dan Estimasi Ketidakpastian Pengujian

Kamis, 12 Sep 2019, 15:00:55 WIB - 68 | Putri Aulia, S.T
UPT Labling DLH Lakukan Verifikasi Metode, Control Chart dan Estimasi Ketidakpastian Pengujian

Pesisir Selatan - Dinas Lingkungan Hidup melalui UPT Labling lakukan verifikasi Metode, Control Chart dan Estimasi Ketidakpastian Pengujian sebagai Lanjutan IHT yang telah dilakukan sebelumnya, (12/09) di DLH Pessel.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Laboratorium dalam melakukan pengendalian mutu dengan melalui perhitungan control chart, verifikasi metode dan estimasi ketidakpastian pengujian serta percepatan terwujudnya laboratorium yang terakreditasi untuk parameter kualitas lingkungan. Narasumber Hidayat mengatakan bahwa untuk membuktikan sebuah sampel yang di uji telah dilakukan dengan benar adalah dengan membuat control chart, perhitungan estimatisi ketidakpastian dan melakukan verifikasi metode.

Peserta kegiatan berjumlah 8 (delapan) orang yang terdiri dari, personil UPT laboratorium lingkungan DLH kab pesisir selatan 8 (delapan) orang. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari hari selasa hingga jumat (10-13 September 2019). Dalam sambutannya Kadis DLH mengatakan bahwa UPT Labling kedepannya harus mampu melayani customer  baik dari industri pemerintah maupun dari pihak swasta dalam melakukan pengujian parameter lingkungan. Pesisir Selatan memiliki 3 pabrik besar pengelolaan kelapa sawit yang akan menghasilkan limbah cair, sehingga dibutuhkan data hasil pemantauan kualitas lingkungan. Selanjutnya kepada analis diharapkan terus melakukan latihan untuk pengujian parameter lingkungan sehingga memenuhi pengendalian mutu. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Lingkungan Hidup. Follow Me : Facebook Youtube